Perhatikan Hal Berikut Sebelum Memasang Wallpaper Dinding Ruang Tamu

Mempercantik ruangan di dalam rumah adalah suatu keharusan. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa nyaman saat berada di dalamnya. Ruang penting yang harus diperhatikan keindahannya adalah ruang tamu karena menjadi tempat yang dapat diakses oleh orang lain. Salah satu yang diperhatikan adalah wallpaper dinding ruang tamu itu sendiri.

Penggunaan wallpaper ini bisa menjadi salah satu alternative untuk memperindah ruang tamu tanpa banyak interior. Tak hanya itu, penggunaan wallpaper ini juga akan menghemat biaya yang digunakan. Namun sebelum memasang wallpaper di ruang tamu seperti yang diinginkan, alangkah lebih baik perhatikan hal-hal berikut ini.

 

Hal Hal Yang Wajib Di Perhatikan Dalam Memasang Wallpaper Dinding

Kondisi Dinding

Agar tidak kecewa saat pemasangan wallpaper, pengecekan kondisi dinding merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan. Hal ini terkait dengan kemampuan perekatan wallpaper pada permukaan dinding. Apabila kualitas dinding tidak baik, maka kemungkinan besar wallpaper yang digunakan tidak akan menempel sempurna.

Apabila wallpaper tidak merekat dengan baik, maka wallpaper akan mudah terkelupas. Selain itu, kondisi permukaan yang tidak rata juga tidak akan bagus jika ditempeli wallpaper.

Pemilihan Warna dan Motif

Pemilihan warna dan juga motif wallpaper dinding ruang tamu juga harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Beberapa hal yang harus pertimbangan yaitu seperti gaya rumah, luas sempitnya ruangan, tinggi rendahnya langit-langit dan lain sebagainya. Jangan hanya karena menyukai warna tertentu dan motif tertentu lantas mengabaikan faktor-faktor yang lain.

Apabila rumah Anda bergaya klasik maka pilihan motif yang tepat adalah motif Naturalis atau Victorian seperti bunga-bunga dan lainnya. Jika gaya rumah Anda minimalis maka motif garis ataupun geometris dengan warna gelap bisa dijadikan pilihan. Sedangkan untuk gaya rumah oriental warna yang bisa dipilih yaitu perak atau emas.

Untuk pemilihan wallpaper dinding ruang tamu berukuran sempit, motif yang dipasang secara horizontal akan menjadikannya terkesan lebih luas. Sedangkan untuk ruang yang memiliki langit-langit rendah, pemilihan motif yang vertikal akan memberikan kesan lebih tinggi. Untuk ruang yang sempit, pilihlah motif yang kecil dan sederhana saja.

Ukuran Ruangan

Faktor yang tak kalah penting untuk diperhatikan saat akan memasang wallpaper adalah ukuran ruangan. Lebih tepatnya ukuran dinding yang akan dipasangi. Hal ini tentu berimbas pada berapa banyak wallpaper yang dibutuhkan.

Jika ingin lebih menghemat biaya, Anda bisa memasang wallpaper pada dinding dengan ukuran tertentu saja. Jadi tidak semua bagian dinding dipasangi. Pada ruangan yang berukuran kecil, hal ini akan lebih cocok diterapkan agar ruangan tetap terkesan luas tetapi tetap ada aksen yang mempercantik dindingnya.

Pemasangan

Untuk pemasangan wallpaper pada ruang tamu, akan lebih baik jika dilakukan oleh tenaga ahli. Hal ini terkait dengan kualitas pemasangan yang pada akhirnya menentukan hasil akhirnya. Jangan sampai niat pemasangan wallpaper untuk mempercantik malah justru membuat ruangan tambah aneh serta membuat Anda malu saat ada yang berkunjung.

Pemasangan wallpaper yang tidak dilakukan oleh tenaga ahli tidak merekat kuat sehingga mudah terkelupas. Hal lain yang membuat lebih hancur adalah pemasangan dengan motif yang terbalik sehingga tidak singkron antara rol yang satu dengan yang lainnya. Kejadian lain yang tidak kalah buruknya adalah terlalu kelihatan batas roll satu dengan yang lainnya.

Itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan saat pemasangan wallpaper dinding ruang tamu. Setelah itu Anda bisa memasang wallpaper sesuai keinginan. Jangan lupa mengkonsultasikan dengan ahlinya agar hasilnya maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *