Tipe Lantai Kayu Jati dan Teknik Pemasangan

Untuk membuat rumah lebih alami, biasanya kita menambahkan unsur alam. Seperti lantai kayu, bebatuan dan lainnya. Lantai kayu menjadi salah satu pilihan tepat untuk membuat rumah lebih alami. Lantai kayu jati dibagi menjadi dua jenis. Setiap jenisnya memiliki karakteristik dan harga yang berbeda-beda. Kesempatan kali ini, kita akan membahas lengkap tentang lantai kayu.

 

Detail Lengkap Lantai kayu jati

Tipe Lantai Kayu Jati

Secara umum lantai kayu dibagi menjadi dua yaitu lantai kayu parket solid dan engineered. Penjelasannya:

  • Lantai kayu solid

Lantai ini terbuat dari 100% kayu asli. Biasanya menggunakan kayu jati, bangkirai, merbabu, sonokeling dan ulin. Jenis lantai kayu solid dibagi lagi menjadi dua yaitu solid FJL dan solid FJ. Solid FJ merupakan parket solid yang memakai kayu utuh per satu modul. Tidak ada sambungan kayu lain dan dipasang berjajar horizontal.

Sedangkan solid FJL merupakan parket solid yang memakai beberapa kayu yang disambung satu per satu modulnya. Sehingga terlihat seperti ada sekat garis vertikal. Harga dari kedua jenis lantai kayu solid ini pun berbeda. Perbandingannya bisa sekitar 1:2.

  • Lantai Kayu Engineered

Lantai kayu engineered memiliki lapisan yang lebih tipis di lapisan pertamanya. Dibawahnya terdapat lapisan plywood atau multipleks untuk membuat lantai lebih kuat. Jenis ini biasanya menggunakan bahan kayu sonokeling, jati, whole nut dan white oak

Perbandingan Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu Solid dan Engineered

Untuk lebih jelasnya berikut ini perbandingan kelebihan dan kekurangan dari lantai kayu jati solid dan engineered.

Lantai Kayu Jati Solid Lantai Kayu Jati Engineered
Kelebihan Bisa di lakukan refinishing berulang-ulang sampai 5 kali Tidakmudah kembang susut (lebih stabil)
Lebih kuat Bisa dipasang di tempat basement
Lebih tahan lama karena terbuat dari kayu asli tanpa campuran bahan apapun Harga lebih terjangkau
Kekurangan Mudah kembang kusut Tidak bisa dilakuakn refinishing berulang kali
Tidak bagus dipasang di basement Tidak awet seperti parket solid
Bila terkena air dan tidak langsung dibersihkan, bisa membuat lantai rusak dan bengkak Lebih rawan terhadap kelembaban
Harga lebih mahal

Jenis Pemasangan Lantai Kayu Jati

Setelah tahu jenis lantai kayu, anda juga harus tahu jenis pemasangan pada lantai kayu. Ada dua cara yang bisa digunakan yaitu plywood dan glue down. Untuk lebih jelasnya kita bahas satu persatu dibawah ini.

  • Glue Down (Lem)

Proses pemasangan ini dengan menggunakan lem. Dibagian bantal acian diletakan cairan primer. Cairan ini digunakan untuk menahan kelembapan. Bila permukaan lantai terlalu panas, lem tidak bisa menempel dengan maksimal.

Selain itu kelembabannya bisa masuk ke lantai. Kemudian anda memberikan lem sikabond untuk menempelkan lantai kayu ke bantal acian.

  • Plywodd

Teknik pemasangan ini dikenal dengan istilah nail down. Teknik pemasangan ini lebih mudah dan cepat. Karena lantai kayu langsung di pasang pada permukaan yang rata. Kemudian pasang dengan paku tembak.

Anda tidak perlu menambahkan cairan primer dibagian bawahnya. Namun biaya pemasangannya juga lebih murah dibandingkan glue down. Karena hanya membutuhkan paku.

Dengan memahami penjelasan diatas, anda tahu jenis dan teknik pemasangan apa yang harus dipilih. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setelah memasang lantai kayu, jangan lupa untuk merawatnya dengan baik. Selalu jaga kelembaban lantai, jangan terkena air terus menerus. Karena bisa membuat lantai kayu jati cepat rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Order / Konsultasi: 6287775413928