Keramik Ruang Tamu dengan Kayu

Ruang tamu yang menjadi ruangan untuk menerima kunjungan orang lain tentunya harus sangat diperhatikan keindahannya. Keramik adalah salah satu unsur yang dapat menentukan keindahan ruangan. Penggunaan motif keramik ruang tamu yang tepat akan memberi kenyamanan pada tamu yang berkunjung. Oleh karena itu, pemilihannya harus sangat diperhatikan.

Saat ini, keramik yang sangat umum digunakan adalah keramik dari bahan dasar tanah liat ataupun marmer. Akan tetapi, harga dari keduanya bisa dibilang cukup mahal. Apalagi jika ruang tamu yang akan dikeramik memiliki ukuran yang luas. Tentu biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Untuk itu, Anda bisa mengganti keramik pada ruang tamu dengan lantai kayu. Tak hanya satu jenis, Anda bisa memilih beberapa jenis lantai kayu berikut ini untuk pengganti keramik ruang tamu.

 

Pilihan keramik ruang tamu

Solid Floor

Solid floor adalah pelapis permukaan lantai pengganti keramik dengan bahan kayu asli dan utuh. Untuk kayu yang biasa digunakan adalah kayu meranti, kayu jati, mahoni ataupun kayu merbau. Penggunaan kayu ini karena terkenal awet dan juga kuat.

Keuntungan menggunakan solid floor ini lebih awet dibandingkan dengan lantai kayu dari bahan lainnya. Akan tetapi, akan sulit untuk menemukan kayu dengan motif yang sama. Jadi, kebanyakan lantai yang menggunakan bahan ini akan bermotif abstrak. Selain itu, penggunaan kayu utuh sebagai lapisan lantai biasanya tidak tahan dengan pemuaian.

Laminate Floor

Karena bahan kayu asli yang berkualitas semakin lama semakin sulit untuk didapatkan, maka laminate floor ini bisa dijadikan keramik ruang tamu. Laminate floor merupakan lantai kayu atau parket dengan bahan utama high density fiberhood. Sesuai dengan namanya, parket ini memiliki beberapa lapisan yang saling direkatkan.

Untuk bahan paling bawah berupa pelindung yang biasanya terbuat dari melamin, kemudian diatasnya baru lapisan bahan utama. Karena bahan utama tidak memiliki motif maka diatasnya diberi material dekoratif yang akan memberi motif. Lapisan paling atas berupa film transparan yang kuat sebagai pelindung atasnya.

Enginereered Floor

Sama dengan solid floor, Enginereed Floor ini juga berbahan dasar kayu asli. Bedanya, Enginereed Floor ini kayu diolah dengan teknologi multi layer. Jika menggunakan solid floor rawan terjadinya pengembangan dan penyusutan, dengan Enginereed floor ini lebih stabil terhadap pemuaian. Jadi tetap cocok digunakan di daerah tropis seperti Indonesia ini.

Vinyl Floor

Jenis terakhir yang bisa digunakan untuk keramik pada ruang tamu adalah vinyl floor. Jika lantai kayu sebelumnya memiliki bahan dasar dari kayu, berbeda dengan vinyl floor ini. Sesuai dengan namanya, lantai kayu satu ini memiliki bahan dasar polyvinyl chloride atau PVC. Diolah dengan teknologi modern, PVC ini dibuat menyerupai kayu dengan motif yang lebih rapi.

Keuntungan menggunakan vinyl floor ini yaitu bisa digunakan untuk melapisi lantai dengan permukaan semen, keramik tanah, marmer ataupun triplek. Untuk jenis vinyl sendiri ada vinyl sticker, vinyl dry back dan vinyl roll.

Vinyl sticker adalah vinyl yang bagian belakangnya sudah ada perekatnya, seperti sticker kertas jadi tinggal tempel pada permukaan lantai. Untuk vinyl dry back, bagian belakangnya belum ada perekat sehingga harus direkatkan dengan lem. Perbedaan vinyl roll dengan yang lainnya hanya terletak pada ukurannya yaitu lebih lebar.

Setelah mengetahui jenis-jenis lantai kayu, apakah Anda berminat untuk mengganti keramik ruang tamu dengan bahan ini? Dengan parket ini akan memberikan kesan lebih natural pada ruangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Order / Konsultasi: 6287775413928