Tips Perawatan Keramik Lantai Motif Kayu

Keramik lantai motif kayu menjadi pilihan banyak orang untuk membuat rumah yang lebih natural. Rumah terlihat seperti tumpukan kayu yang keren dan alami. Namun perawatannya memang harus hati-hati. Jika salah, akan membuat motif kayu terlihat kusam dan kotor. Untuk perawatan harian dan mingguannya, anda bisa menyapu dan mengepelnya secara rutin.

Namun ada perawatan yang dilakukan untuk menghilangkan noda membandel. Jangan bersihkan lantai dengan pembersih lantai yang mengandung wax. Karena bisa membuat motif kayu memudar dan tampak kusam. Namun bila hal ini terjadi, anda bisa membersihkan lantai motif kayu dengan menggunakan bahan pembersih berikut ini.

 

Perawatan Lengkap Keramik lantai motif kayu

Cuka

Cuka termasuk bahan alami yang ampuh menghilangkan berbagai kotoran membandel. Bisa digunakan untuk membersihkan lantai yang kusam karena percikan minyak, debu dan lainnya. Tuangkan larutan cuka di lantai yang kusam, kemudian biarkan selama 15 menit. Gosok dengan menggunakan kain lembut sampai bersih dan kering. Jika noda hilang, bersihkan lantai dengan cairan pembersih.

Tepung

Jika anda tidak memiliki cuka, bisa membersihkan lantai kusam dengan menggunakan tepung. Tepung akan menyerap kotoran yang menempel di keramik lantai kayu anda. Cukup taburkan tepung diatas kotoran yang membandel, diamkan selama 10 menit. Kemudian bersihkan dengan cairan pembersih lantai sampai bersih,

Baking Soda

Baking soda sering digunakan untuk membuat kue. Namun bahan ini juga bisa digunakan untuk membersihkan lantai yang kusam dan noda membandel. Campurkan baking soda dengan pasta gigi yang berwarna putih. Oleskan dibagian noda yang membendel, diamkan selama 10 menit. Dengan menggunakan lap bersih, bersihkan baking soda sampai bersih.

Lemon

Kandungan didalam lemon, bisa digunakan untuk membersihkan noda membandel di lantai. Proses pembersihannya lebih mudah dan cepat. Kandungan asam di lemon lebih ringan dibandingkan baking soda, sehingga tidak membuat lantai rusak. Letakkan perasan air lemon di noda yang membandel. Kemudian bersihkan dengan lap yang bersih.

Selain menggunakan bahan diatas, anda harus tahu beberapa hal yang harus diperhatikan saat merawat keramik lantai motif kayu. Berikut ini beberapa hal yang harus anda perhatikan:

  • Jangan pernah gunakan spon untuk mengepel lantai, karena akan membuat debu tidak terserap dengan baik. Lebih baik gunakan kain mikro fiber atau vacum cleaner. Sehingga semua debu ikut terangkat.
  • Jangan suka menarik furniture di lantai, karena akan membuat lantai keramik cepat tergores dan rusak. Jika ingin memindahkan furniture lebih baik diangkat atau diberi keset dibagian bawahnya.
  • Selalu letakkan keset di area mana saja atau pintu depan, sehingga keramik di ruangan lebih bersih. Tidak ada debu dan kotoran yang menempel.

Merawat lantai keramik sangat mudah. Anda hanya cukup menyapu dan mengepelnya secara rutin. Jenis lantai ini bisa bertahan lama. Asalkan anda menggunakan keramik yang bagus dan berkualitas. Bila ada noda yang membandel langsung dibersihkan. Sehingga tidak menempel terlalu lama dan sulit untuk dibersihkan.

Untuk keramik motif kayu, harus dirawat motifnya dengan sebaik mungkin. Sehingga tidak tampak kusam dan kotor. Selain itu motif tidak cepat pudar. Pilih cairan pembersih lantai yang terbuat dari bahan berkualitas. Yang tidak akan merusak tekstur lantai motif kayu. Dengan mengikuti semua tips diatas, lantai anda akan selalu bersih dan terawat dengan baik.

Itulah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan tentang tips perawatan keramik lantai motif kayu. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *