Inilah Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl

Lantai vinyl sering digunakan untuk pelapis lantai rumah, apartement, hotel dan lainnya. Untuk membuat suasana rumah yang lebih bagus. Sesuai dengan tema yang diinginkan. Proses pemasangan dan perawatannya pun mudah. Lantai vinyl memiliki motif dan warna yang banyak sekali. Untuk lebih mengenalnya, anda harus tahu kelebihan dan kekurangan lantai vinyl.

Salah satu motif lantai vinyl yang paling popular adalah motif kayu. Motif ini akan membuat desain rumah semakin alami dan keren. Tidak begitu banyak orang yang mengenal lantai vinyl. Terutama untuk orang pedesaan, yang hanya menggunakan lantai keramik atau lantai semen.

Lantai ini terbuat dari bahan sintetis PVC yang membuat teksturnya mengkilat dan bisa melindungi lantai dengan sebaik mungkin. Material PVC akan dicetak kemudian disesuaikan ukurannya dan diberi motifnya. Ketebalannya pun bermacam-macam. Proses pemasangannya, bisa diletakkan diatas lantai. Bahkan ada lantai vinyl yang berbentuk seperti parket kayu. Sehingga sulit untuk dibedakan.

 

Detail lengkap kelebihan dan kekurangan lantai vinyl

Kelebihan Lantai Vinyl

Lantai ini memiliki kelebihan banyak sekali. Sehingga banyak orang yang memakainya sebagai alternatif desain interior rumah. Membuat rumah lebih alami dan keren. Inilah kelebihan lantai Vinyl yang harus anda ketahui.

  • Memberikan penampilan nuansa alami di rumah dengan biaya yang lebih murah dibandingkan parket kayu.
  • Tersedia berbagai motif dengan nuansa bebatuan, alami, kayu dan lainnya
  • ┬áMemiliki pilihan warna yang banyak sekali
  • Tahan lama dan kuat
  • Pemasangan mudah dan biaya pemasangannya murah meriah
  • Mempunyai ketahanan terhadap kelembaban dan air, sehingga bisa diletakan di luar ruangan
  • Halus, nyaman dipijak dan tidak licin, sehingga aman untuk anak-anak
  • Proses perawatan mudah, cukup dibersihkan dengan dipel dan disapu
  • Bisa bertahan hingga puluhan tahun

 

Kekurangan Lantai Vinyl

Setiap membahas kelebihan dan kekurangan lantai vinyl, kita pasti penasaran dengan kekurangannya. Lantai ini aman tidak dipasang di rumah. Bagaimana bila dibandingkan dengan jenis lantai lainnya. Berikut ini beberapa kekurangan lantai vinyl yang harus anda ketahui.

  • Lantai vinyl terbuat dari bahan PVC (polyvinyl chloride). Bahan ini merupakan campuran dari berbagai bahan kimia. Bagi orang yang sensitivie, bisa berbahaya dan menyebabkan alergi
  • Proses pemasangan lantai vinyl tergantung dengan lantai dasarnya. Pastikan lantai dasar lurus, halus dan rata sehingga proses pemasangannya lebih mudah
  • Bila ada yang rusak, harus diganti dengan yang baru sesuai meterannya. Sehingga dibutuhkan persediaan lebih banyak
  • Ada beberapa jenis lantai vinyl yang mudah rusak, bila terkena benda tajam.
  • Jika dipasang dengan alat perekat yang biasa, akan membuat lem cepat mengelupas bila terkena hujan dan panas terus menerus.

Kekurangan lantai vinyl tidak banyak, akan tertutup dengan kelebihannya yang banyak. Dari penjelasan diatas anda jadi tahu, apakah akan menggunakan lantai vinyl di rumah atau tidak. Tapi bila ingin membuat desain rumah yang alami dengan lantai kayu, lebih baik memakai lantai vinyl. Jika menggunakan parket kayu,biayanya lebih mahal.

Proses pemasangan dan perawatannya pun lebih mahal. Oleh karena itu lebih baik menggunakan lantai vinyl. Harganya lebih murah dan proses pemasangan lebih mudah. Pilih motif dan warna lantai sesuai kebutuhan anda. Di pasaran ada banyak brand lantai vinyl. Setiap brand memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Ada yang tebal, tipis, cepat rusak dan lainnya. Pilihlah lantai vinyl dengan sebaik mungkin. Bandingkan satu produk dengan produk lainnya. Sekian artikel tentang kelebihan dan kekurangan lantai vinyl. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *