Tetap Nyaman Meskipun Desain Ruang Tamu Sederhana

Ruang tamu adalah wajah dari suatu rumah. Setiap orang yang berkunjung ke rumah pasti ruangan pertama yang akan disinggahi adalah ruang tamu. Hal inilah yang menjadikan ruang tamu didesain dengan sangat hati-hati. Desain ruang tamu sederhana tetapi tetap modern menjadi salah satu desain yang saat ini banyak dipilih.

Dengan penataan interior yang tepat, ruang tamu dengan desain sederhanapun akan tetap memberikan kesan luar biasa bagi penggunanya. Oleh karena itu, berikut ini adalah cara penataan agar ruang tamu terlihat tetap luas dan nyaman.

 

Penataan Dalam Desain Ruang Tamu Sederhana

Penataan Dimulai Dari Benda Wajib

Ruang tamu dari setiap rumah tidak selalu membutuhkan perabotan yang sama. Hal ini tentunya dipertimbangkan dengan gaya hidup dan keinginan dari pemilik rumahnya. Akan tetapi, beberapa perabot seperti kursi dan meja adalah elemen penting dari ruang tamu.

Karena desain ruang tamu sederhana, alangkah lebih baiknya jika kursi atau sofa dan juga meja yang digunakan memiliki ukuran yang sedang saja, tidak terlalu besar. Tata kursi dan meja terlebih dahulu sebelum meletakkan perabotan lain pada ruang tamu. Penataan perabot lain tinggal mengikuti ruang kosong yang tersisa.

Penataan Dengan Memperhatikan Pilihan Warna atau Pola pada Dinding

Karena desain ruang tamu yang sederhana, tak jarang pemilik rumah menjadikan pola atau aksen pada dinding sebagai unsur keindahan yang tidak banyak memakan tempat. Nah, agar pola dinding tidak sia-sia maka penataan perabot yang ada juga harus disesuaikan dengan keberadaan pola tersebut. Jangan sampai perabot diletakkan menghalangi pola dinding yang ada.

Pola dinding yang ada bisa dijadikan sebagai bagian utama untuk dipandang saat duduk di ruang tamu ataupun menjadi background dari tempat duduknya. Jika perabot utama sudah diletakkan pada posisi yang sesuai, baru perabot yang lain disesuaikan peletakannya.

Penggunaan Interior yang Tidak Berlebihan

Jika ingin menambahkan perabot tambahan untuk dekorasi ruang tamu Anda, alangkah lebih baiknya menggunakan perabot yang sederhana juga. Misalnya ingin menambahkan guci maka jangan menggunakan guci berukuran besar. Jika ingin menggunakan lukisan sebagai hiasan dinding, pilih lukisan yang tidak terlalu bermotif ataupun berwarna.

Hal yang tak kalah penting agar penataan ruang tamu lebih mudah adalah pemilihan warna perabot yang selaras dengan warna ruangan. Jangan sampai memilih perabot dengan warna yang terlalu ramai. Hal ini akan memberi kesan engap saat berada di ruang tamu.

Warna-warna natural dan netral seperti silver, coklat dan monokrom bisa dijadikan pilihan untuk perabot pada ruang tamu dengan desain yang sederhana.

Penggunaan Perabot Multifungsi

Pemilihan perabot yang multifungsi adalah pilihan yang tepat untuk ruang tamu sederhana. Sebagai contohnya Anda bisa memilih meja dengan laci sehingga bisa digunakan untuk penyimpanan. Atau almari tertutup untuk menempatkan keramik hias dan juga sekaligus menjadi tempat penyimpanan.

Perhatikan Hiasan Dinding

Jika Anda suka mengabadikan kenangan dengan berfoto atau senang mengoleksi lukisan kemudian ingin memajangnya, jangan diletakkan di ruang tamu sederhana Anda. Akan lebih menghemat tempat apabila hiasan dinding di ruang tamu sederhana Anda dengan menggunakan lukisan langsung pada dinding atau menggantinya dengan wallpaper saja.

Selain dinding, motif lantai pada ruang tamu juga menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan agar semuanya bisa selaras. Hindari penggunaan motif lantai yang terlalu bervariasi untuk ruang tamu sederhana. Lantai kayu akan lebih cocok digunakan dibandingkan keramik tanah.

Memberikan tampilan maksimal meskipun desain ruang tamu sederhana bukanlah hal mustahil untuk dilakukan bukan? Semua tergantung pada penataan dan dekorasi yang digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *