Desain Ruang Tamu Kecil: Private dan Nyaman

Ruang tamu adalah salah satu ruangan di rumah yang penting untuk dimiliki. Akan tetapi, lahan yang tidak begitu luas sering menjadi halangan untuk memiliki ruang tamu yang nyaman. Untuk itu, desain ruang tamu kecil bisa dijadikan pilihan saat ada kendala seperti itu. Yang terpenting privasi penghuni rumah dan tamu yang berkunjung tetap bisa terjaga.

 

Kecil Tetapi Terkesan Luas

Tak harus luas, ruang tamu yang berukuran kecil tetapi memiliki desain yang bagus akan tetap memberikan kenyamanan pada tamu yang berkunjung. Berikut ini beberapa desain yang bisa dipilih untuk memiliki ruang tamu idaman dengan keterbatasan lahan.

1. Memiliki Jendela yang Besar

Meskipun berukuran kecil, dengan adanya jendela yang berukuran besar maka akan memberikan kesan yang luas, tidak engap. Selain itu, adanya jendela yang besar ini juga mampu memberikan kualitas cahaya serta sirkulasi udara yang baik. Hal ini akan menjadikan ruang tamu lebih terang dan segar. Kecil tetapi tetap nyaman bukan?

Untuk bentuknya sendiri, bisa satu buah persegi atau bentuk lain sesuai selera. Jika tidak ingin terlalu lebar, Anda bisa membaginya menjadi dua. Jika berbentuk persegi panjang, Anda bisa meletakkannya secara vertical dan tingginya mengikuti tinggi langit-langit pada ruang tamu tersebut.

2. Langit-langit yang tidak terlalu pendek

Solusi kedua agar ruang tamu yang berukuran kecil dapat terkesan luas dan longgar adalah desain langit-langit yang tidak begitu pendek. Apabila memungkinkan, memadukan antara jendela yang besar dan meninggikan langit-langit akan lebih sempurna untuk memberikan suasana longgar dan nyaman.

Perlu diperhatikan juga untuk pemilihan interior yang dipasangkan di dinding maupun pada langit-langit. Jika terlalu banyak interior yang digunakan maka ruang tamu yang kecil akan semakin terkesan sempit dan sesak. Apalagi jika pemaduan antar interiornya tidak selaras, selain terkesan sempit juga tidak akan menciptakan suasana yang nyaman.

3. Tidak terlalu banyak sekat

Pada umumnya, ruang tamu atau ruang-ruang yang ada pada sebuah rumah dibatasi oleh tembok dan memiliki kesan terkurung. Oleh karena itu, desain ruang tamu kecil yang tidak terlalu banyak sekat juga bisa dijadikan pilihan agar tetap nyaman berada di sana.

Anda bisa memberi sekat hanya dua sisi saja untuk ruang tamu tersebut sebagai tanda pembatas antara ruang tamu dengan ruang lainnya. Selebihnya Anda bisa melakukan penataan pada peletakan sofa atau tempat duduk yang diletakkan di ruang tamu.

4. Ruang Tamu tanpa sekat

Pilihan terakhir yang bisa Anda gunakan untuk desain ruang tamu yang tidak terlalu besar adalah ruang tamu tanpa sekat. Desain ini bisa digunakan pada rumah yang benar-benar sangat terbatas tempat. Ruang tamu bisa Anda jadikan satu dengan ruang keluarga.

Akan tetapi desain ini memiliki resiko kurang terjaganya privasi dari penghuni rumah maupun tamu yang berkunjung. Anda bisa menyiasatinya dengan menata kursi akar membatasi ruang tamu misalnya dibuat persegi ataupun melingkar.

Meskipun memiliki kekurangan, desain ini juga memiliki kelebihan. Saat tamu yang berkunjung sangat banyak maka tidak perlu repot lagi mencarikan tempat. Mereka bisa duduk di ruang keluarga yang menjadi satu dengan ruang tamu tersebut.

Nah, itu dia beberapa desain ruang tamu kecil yang bisa Anda jadikan pilihan saat merancang rumah idaman dengan keterbatasan tempat. Terbatasnya lahan bukan berarti terbatas juga untuk memiliki ruang tamu impian yang nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Order / Konsultasi: 6287775413928